August 14, 2022

Pembalap berdarah Indonesia Nyck de Vries menjadi salah satu kontestan yang paling banyak menerima voting dari para penggemar di fitur Fanboost Formula E Jakarta. Dirinya diketahui menempati posisi kedua dalam daftar tersebut.

Menurut laporan dari situs resmi Formula E, Nyck de Vries menempati posisi kedua dengan suara sebanyak 16 persen pada 1 Juni 2022. Dengan kata lain, jumlah suara tersebut bisa bertambah pada hari ini sampai dengan balapan berlangsung.

Nyck de Vries hanya kalah dari rekan setimnya di Mercedes EQ Formula E Team, yakni Stoffel Vandoorne. Mantan rekan setim Sean Gelael di JOTA tersebut diketahui memuncaki daftar Fanboost Formula E Jakarta dengan suara sebanyak 27 persen.

Sekedar informasi, fitur Fanboost ini membuat penonton atau fans bisa berperan aktif dalam hasil balapan. FIA bahkan mengklaim bahwa hanya Formula E yang membuat penggemar memiliki andil dalam hasil balapan.

Fanboost merupakan fitur yang memberikan kesempatan kepada penggemar untuk memilih pembalap favorit mereka. Nantinya setiap pembalap yang terpilih akan mendapatkan dorongan tenaga ekstra selama balapan.

Setidaknya ada lima pembalap teratas dengan suara terbanyak yang akan mendapatkan tenaga tambahan. Mereka yang terpilih nantinya diberi kesempatan untuk menggunakan ledakan kekuatan secara signifikan hanya dalam waktu lima detik selama paruh kedua balapan.

Selain Vandoorne dan De Vries, tiga pembalap lainnya di daftar Fanboost Formula E Jakarta adalah Antonio Felix da Costa (DS Techeetah) dengan voting 11 persen. Lalu di urutan keempat dan kelima ada Jeam-Eric Vergne (DS Techeetah) dan Mitch Evans (Jaguar TCS Racing), dengan suara 6 persen.