August 14, 2022

Menjadi pelupa sering terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun jangan salah Sahabat Fimela, seseorang dengan usia yang masih sangat muda sekalipun faktanya juga mudah lupa. Orang-orang yang berusia muda tidak jarang melupakan beberapa hal dalam hidupnya baik itu hal penting atau hal yang biasa saja. Lantas, bagaimana bisa seorang yang masih berusia muda menjadi pelupa? 

Melansir dari laman parents.com, gaya hidup dikatakan sebagai penyebab utama kenapa seseorang dengan usia muda menjadi pribadi yang sering lupa. Selain gaya hidup, beberapa hal lain juga menjadi penyebab umum seorang dengan usia muda sering lupa. Apa saja penyebabnya?

Stres, Kecemasan dan Depresi

Penyebab pertama ada stres, kecemasan dan Depresi. Orang-orang yang mengalami stres berat dalam hidupnya akan lebih mudah lupa. Orang-orang yang dilanda kecemasan dan depresi juga akan sering lupa. Stres bisa mengganggu konsentrasi seseorang yang meningkatkan risiko kurang fokus, mudah lupa bahkan masalah berpikir.

Kurang Tidur

Penyebab selanjutnya adalah kurang tidur. Para ahli menemukan jika orang yang kurang tidur akan rentan stres, depresi atau bahkan masalah kecemasan lainnya. Jika sudah begini, ia akan rentan mudah lupa terutama pada hal-hal yang dianggap biasa saja.

Konsumsi Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu menyebabkan masalah pada ingatan. Beberapa obat seperti obat angtidepresan, obat penurun tekanan darah memiliki efek samping berupa sedasi atau kebingungan yang meningkatkan risiko lupa.

Pola Makan yang Buruk

Penelitian menemukan jika pola makan yang buruk bisa meningkatkan risiko lupa. Studi yang dilakukan para ahli di Harvard Health Publishing menemukan jika pola makan buruk atau konsumsi makanan tertentu dalam jumlah berlebih bisa meningkatkan masalah memori termasuk demensia dan alzeimer. 

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa seseorang sering lupa di usia muda. Selain penyebab di atas, penyebab lain adalah konsumsi alkohol, masalah tiroid hingga gangguan kognitif ringan. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, miliki pola hidup yang lebih sehat agar tubuh semakin sehat dan ingatan senantiasa kuat.