July 5, 2022

Apple mengalihkan produksi iPad ke Vietnam dari Cina. Nikkei Asia mengklaim bahwa ini adalah pertama kalinya Apple melakukan tindakan seperti ini. Sejak Covid-19 bersamaan dengan isolasi muncul, Cina telah menghadapi penutupan pabrik massal. Hal ini menyebabkan gangguan rantai pasokan bagi banyak komponen.

Gizmochina, 1 Juni 2022, melaporkan sekitar setengah dari pemasok utama Apple berada di sekitar wilayah Shanghai. Pembatasan terkait Covid telah mengakibatkan kekurangan dan keterlambatan logistik yang menyebabkan produksi iPad terhambat. Perusahaan dilaporkan sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini.

BYD Cina, perakit iPad terkemuka, membantu Apple membangun lini produksi di Vietnam dan dapat segera mulai memproduksi tablet di sana. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini juga telah menyarankan beberapa pemasok komponen (terutama di daerah yang terkena dampak isolasi) untuk menimbun persediaan mereka untuk mengantisipasi kekurangan di masa depan dan masalah rantai pasokan.

Apple juga telah meminta pemasok untuk membuat pasokan komponen untuk semua produk merek, termasuk iPhone, iPad, AirPods, dan MacBook. Ini akan memastikan kontinuitas pasokan selama beberapa bulan ke depan.

Sebuah laporan dari Nikkei pada Januari 2021 menyatakan bahwa Apple telah lama mempertimbangkan untuk memproduksi iPad di luar Cina tetapi lonjakan tiba-tiba dalam kasus Covid-19 di Vietnam menunda rencana perusahaan itu.

iPad akan menjadi produk Apple utama kedua yang dibuat di Vietnam setelah AirPods. Langkah ini mengisyaratkan upaya berkelanjutan Apple dalam mendiversifikasi rantai pasokannya serta pentingnya Vietnam bagi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.